personal selling

I.                   Pengertian Personal Selling
Personal Selling adalah proses penjualan dari penjual terhadap pembeli secara tatap muka atau langsung dengan cara menawarkan dan menjelaskan mengenai produk dengan maksud untuk mempengaruhi seseorang untuk membeli.

II.                Kelebihan dan Kekurangan Personal Selling
Kelebihan dalam personal selling yaitu :
·         Konfrontasi : kedua belah pihak mampu mengobservasi reaksi satu sama lain.
·         Mempererat : memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan diantara penjual dan pembeli
·         Tanggapan : adanya berbagai argumendiantara kedua belah pihak
·         Efektif (penjualanya detail dan demosntrasi)
·         Tepat sasaran
·         Diarahkan kepada prospek yang berkualitas
·         Pesan yang disampaikan disesuaikan dengan situasi pembeli
·         Dapat meminimalkan gangguan dalam komunikasi
·         Keputusan bisa dinegosiasikan
·         Biaya dapat disesuaikan
Kekurangan dalam personal sellinag yaitu:
·         Pesan tidak konsisten karena perbedaan pengetahuan karyawan
·         Timbulnya konflik tenaga penjual dan manajemen
·         Biaya yang tinggi
·         Hasil yang rendah
·         Jangkauanya lebih rendah karena pasar sasaran yang luas
·         Berpotensi menimbulkan masalah etika antara tenaga penjual

III.             Waktu Penggunaan
·         Penjualan dilakukan ketika melihat peningkatan kebutuhan barang atau jasa pada konsumen (berkaitan dengan minat dan kebutuhan konsumen).
Contoh : promosi provider
·         Melihat situasi dari keadaan konsumen dalam suatu tempat (situasional yang memanfaatkan keadaan konsumen di dalam suatu tempat atau kegiatan)
Contoh : penawaran produk dapur baru di sebuah supermarket besar
·         Media periklanan tidak lagi dianggap efektif dalam proses promosi (iklan biasanya digunakan untuk kepentingan media sehingga waktu penggunaan dianggap kurang efektif)
Contoh : penjualan rokok dalam sebuah event dengan menggunakan sales promotion girl (SPG).
·         Penurunan tingkat penjualan barang dalam sebuah perusahaan
Contoh : penyebaran flyer dan SPG secara langsung yang dilakukan oleh perusahaan handphone.
IV.             Contoh personal selling
Sebuah media televisi swasta di Indonesia akan mengadakan acara musik berskala nasional yang akan dihadiri oleh para kaum remaja dari seluruh Indonesia, media tersebut bekerja sama dengan salah satu provider sebagai sponsor acara tersebut. melihat keadaan tersebut provider tersebut menggunakan situasi seperti ini untuk mengadakan promosi secara langsung karena dirasa remaja adalah sasaran yang tepat untuk dijadikan konsumen provider tersebut. Provider tersebut akan membangun sebuah stand pada acara tersebut sebagai tempat etalase kartu providernya dan menyebar beberapa sales promotion girl (SPG) di arena konser tersebut untuk menawarkan dan menjual langsung produk tersebut terhadap para remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar