I.
Pengertian
Personal Selling
Personal
Selling adalah proses penjualan dari penjual terhadap pembeli secara tatap muka
atau langsung dengan cara menawarkan dan menjelaskan mengenai produk dengan
maksud untuk mempengaruhi seseorang untuk membeli.
II.
Kelebihan dan
Kekurangan Personal Selling
Kelebihan
dalam personal selling yaitu :
·
Konfrontasi :
kedua belah pihak mampu mengobservasi reaksi satu sama lain.
·
Mempererat :
memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan diantara penjual dan pembeli
·
Tanggapan :
adanya berbagai argumendiantara kedua belah pihak
·
Efektif
(penjualanya detail dan demosntrasi)
·
Tepat sasaran
·
Diarahkan
kepada prospek yang berkualitas
·
Pesan yang
disampaikan disesuaikan dengan situasi pembeli
·
Dapat
meminimalkan gangguan dalam komunikasi
·
Keputusan bisa
dinegosiasikan
·
Biaya dapat
disesuaikan
Kekurangan dalam personal sellinag yaitu:
·
Pesan tidak
konsisten karena perbedaan pengetahuan karyawan
·
Timbulnya
konflik tenaga penjual dan manajemen
·
Biaya yang
tinggi
·
Hasil yang
rendah
·
Jangkauanya
lebih rendah karena pasar sasaran yang luas
·
Berpotensi
menimbulkan masalah etika antara tenaga penjual
III.
Waktu
Penggunaan
·
Penjualan
dilakukan ketika melihat peningkatan kebutuhan barang atau jasa pada konsumen (berkaitan
dengan minat dan kebutuhan konsumen).
Contoh
: promosi provider
·
Melihat situasi
dari keadaan konsumen dalam suatu tempat (situasional yang memanfaatkan keadaan
konsumen di dalam suatu tempat atau kegiatan)
Contoh
: penawaran produk dapur baru di sebuah supermarket besar
·
Media
periklanan tidak lagi dianggap efektif dalam proses promosi (iklan biasanya
digunakan untuk kepentingan media sehingga waktu penggunaan dianggap kurang
efektif)
Contoh
: penjualan rokok dalam sebuah event dengan menggunakan sales promotion girl
(SPG).
·
Penurunan
tingkat penjualan barang dalam sebuah perusahaan
Contoh
: penyebaran flyer dan SPG secara langsung yang dilakukan oleh perusahaan
handphone.
IV.
Contoh personal
selling
Sebuah media
televisi swasta di Indonesia akan mengadakan acara musik berskala nasional yang
akan dihadiri oleh para kaum remaja dari seluruh Indonesia, media tersebut
bekerja sama dengan salah satu provider sebagai sponsor acara tersebut. melihat
keadaan tersebut provider tersebut menggunakan situasi seperti ini untuk
mengadakan promosi secara langsung karena dirasa remaja adalah sasaran yang
tepat untuk dijadikan konsumen provider tersebut. Provider tersebut akan
membangun sebuah stand pada acara tersebut sebagai tempat etalase kartu
providernya dan menyebar beberapa sales promotion girl (SPG) di arena konser
tersebut untuk menawarkan dan menjual langsung produk tersebut terhadap para
remaja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar